Profil Negara-Negara Anggota ASEAN

In Geografi
ASEAN adalah akronim dari Association of South East Asia Nation atau asosiasi negara-negara kawasan Asia Tenggara. Jadi, negara-negara anggota ASEAN adalah negara yang secara georafis dan astronomis berada di wilayah Asia Tenggara.
Organisasi ASEAN pertama kali dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh 5 negara, yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Jadi, pada awal berdirinya negara anggota ASEAN hanya lima negara, dan seiring berjalannya waktu saat ini jumlah negara anggota ASEAN adalah 11 negara.

Berikut ini adalah profil singkat negara-negara anggota ASEAN :
profil negara ASEAN

1. Indonesia


Indonesia adalah negara anggota ASEAN dengan luas wilayah terbesar. Dengan luas daratan mencapai 1,9 juta km2dan luas lautan mencapai 3,2 juta km2 serta jumlah penduduk sebanyak 250 juta orang. Sayangnya, kekayaan alam itu belum bisa diimbangi dengan kemajuan sumber daya manusia sehingga sampai saat ini negara Indonesia masih tergolong negara berkembang dan pendapatan per kapita Indonesia masih kalah dibandingkan beberapa negara-negara anggota ASEAN lainnya.

2. Malaysia


Sama halnya dengan Indonesia, bangsa Malaysia berasal dari satu rumpun yang sama, yaitu rumpun Melayu. Dalam beberapa hal, Malaysia jauh lebih unggul dibandingkan negara-negara anggota ASEAN lainnya. Kita tentunya mengenal slogan “Malaysia Truly Asia”. Slogan yang sangat lekat di kepada sehingga tidak heran jika Malaysia adalah negara tujuan wisata paling digemari di kawasan Asia tenggara. Dalam segi pariwisata Malaysia jauh mengalahkan negara-negara ASEAN lainnya.

3. Singapura


Singapura adalah negara ASEAN terkecil. Tetapi, negara ini juga satu-satunya negara maju di kawasan ASEAN. Pendapatan perkapita singapura adalah yang tertinggi dibandingkan negara anggota ASEAN lainnya. Tidak mengherankan. Hal ini disebabkan negara ini adalah tujuan wisata shopping bagi banyak negara Asia tenggara termasuk Indonesia. Singapura juga merupakan tujuan para pesohor negeri untuk memperbaiki kualitas kesehatan. Dalam berbagai sektor Singapura memang jauh lebih baik dari pada negara-negara lain.

4. Thailand


Thailand adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Kemajuan Thailand cukup berimbang dalam berbagai sektor. Di sektor pariwisata, Thailand hanya kalah dari Malaysia. Sedangkan di sektor pertanian, Thailand berada pada posisi pucak di Asia Tenggara. Saat ini negara berjuluk “gajah putih” ini berada di bawah kekuasaan junta militer Thailand.

5. Filipina


Jika mendengar kata Filipina, mungkin kita langsung terpikir pada Many “Pacman” Pacqiao, salah satu petinju terbaik dunia saat ini. Filipina adalah salah satu negara yang ikut terlibat dalam pembentukan ASEAN. Negara bekas jajahan Spanyol ini memang masih tergolong negara berkembang. Kualitasnya kurang lebih sama dengan Indonesia. Dengan jumlah pulau kurang lebih 7.100 pulau, Filipina adalah negara kepulauan terbesar kedua di dunia. Hanya kalah dari Indonesia.

6. Brunai Darussalam


Brunai Darussalam adalah negara anggota ASEAN yang sangat sejahtera, memiliki pendapatan perkapita yang tinggi dan industri perminyakan yang besar di dunia. Negara Brunai tergolong negara petro dollar karena sumber pendaptatan utamanya adalah minyak bumi. Sayangnya, negara ini tidak digolongkan negara maju. Di sektor jasa kita tidak banyak mendengar nama Brunai di kancah Asia.

7. Vietnam


Negara Vietnam adalah negara yang berada di paling utara kawasan ASEAN. Negara yang mengandalkan sektor pertanian dan perdagangan ini termasuk dalam negara sosialis yang menganut paham komunisme. Negara Vietnam adalah salah satu negara yang pernah merepotkan militer Amerika karena militansi dari pejuangnya. Negara ini beribukota di Hanoi, tetapi kota terbesarnya adalah kota Ho Chi Minh.  

8. Laos


Apa yang terkenal dari negara Laos ? satu-satunya hal yang mutlak kita tahu dari negara Laos adalah negara ini menggantungkan kegiatan ekonominya dari sektor pertanian. Di bidang olahraga seperti SEA Games, negara ini tidak menonjol. Di sektor pariwisata negara ini juga tidak memiliki ikon yang luar biasa. Laos adalah salah satu dari wilayah segi tiga emas di kawasan Asia Tenggara, karena merupakan lahan subur bagi tanaman-tanaman psikotropika. Negara ini beribukota di Vientiene.

9. Kamboja


Pernah dengar nama candi Angkor Vat ? Candi Angkor Vat atau Angkor Wat adalah candi paling popular di dunia. Bahkan mengalahkan Candi Borobudur. Jutaan orang mengunjungi candi ini setiap tahunnya,. Candi ini menjadi simbol yang bahkan ada dalam bendera negara Kamboja. Di Asia Tenggara, Kamboja masih tergolong negara dengan pendapatan yang rendah. Mayoritas warga negara Kamboja hidup dari sektor pertanian.

10. Myanmar (Burma)


Kalau mendengar nama negara Myanmar, bagi kebanyakan orang muncul nama Aung San Su Kyi yang merupakan pemimpin Myanmar saat ini. Dahulu negara ini bernama Burma.  Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, kata Myanmar hanya berhubungan dengan pembantaian Muslim etnis Rohingya. Negara Myanmar adalah salah satu negara agraris di Asia Tenggara.

11. Timor Leste


Timor Leste adalah anggota termuda ASEAN. Negara yang dahulu merupakan bagian dari wilayah Indonesia ini adalah bekas jajahan Portugis. Dari berbagai macam segi, Timor Leste jauh tertinggal dibandingkan negara-negara lain yang berada di kawasan Asia Tenggara.


Dari penjelasan singkat mengenai negara-negara ASEAN yang berada di kawasan Asia Tenggara di atas, kita bisa melihat bahwa mayoritas negara ASEAN menggantungkan ekonominya dari sektor agraris. Sektor industri masih belum berkembang dengan pesat seperti kebanyakan negara-negara Eropa dan Amerika. Singapura menjadi satu-satunya negara ASEAN yang tergolong negara maju karena menghasilkan devisa dari perdagangan barang dan jasa. Semoga bermanfaat.   
author
Author: 
    Bentuk-Bentuk Muka Bumi Daratan dan Dasar Laut
    Bentuk-Bentuk Muka Bumi Daratan dan Dasar Laut
    Bentuk muka bumi antara suatu daerah dengan
    Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Globalisasi di Indonesia
    Faktor Pendukung dan Penghambat Perkembangan Globalisasi di Indonesia
    Kita tahu, bahwa perkembangan globalisasi tidak akan
    Must read×

    Top