Penyebab Sakit Gigi Tidak Selalu Gigi Berlubang

Penyebab Sakit Gigi Tidak Selalu Gigi Berlubang – Sakit gigi! Duh siapa disini yang pernah mengalami sakit gigi? Semuanya pernah?

Sumber: lirikdulu.com


Ya, sakit gigi memang merupakan penyakit yang bisa dibilang umum diderita oleh banyak orang. Kebanyakan penderita sakit gigi adalah anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Entah karena gigi susu yang goyang, hingga gigi yang bolong karena terlalu banyak makan permen, coklat, dan kudapan manis lainnya. 

Namun selain anak-anak, banyak juga orang dewasa yang harus rela merasakan sakit gigi. Biasanya gigi yang berlubang atau gusi bengkak menjadi dua masalah yang paling sering menjadi penyebab. Gusi yang bengkak bisa jadi karena gejala sariawan atau panas dalam. Untuk mengatasinya, banyak-banyaklah minum air putih  dan mengkonsumsi vitamin c. Untuk gigi berlubang biasanya disebabkan karena kondisi gigi yang kurang bersih. Tapi ternyata ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit gigi lho! Parahnya lagi, terkadang, hal itu tidak kita sadari. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 3 Penyebab Sakit Gigi yang harus anda tahu!

4 Penyebab Sakit Gigi


1. Gosok Gigi Terlalu Keras

Sumber: okezone.com


Agar gigi cepat bersih, kita sering kali menggosok gigi dengan keras. Namun, asal kita tahu. Menggosok gigi dengan sangat keras ternyata bisa membuat gigi menjadi sakit dan bermasalah. Ira Handschuh, seorang dokter gigi di Dental Design Center di White Plains mengatakan bahwa menggosok gigi terlalu keras bisa menimbulkan luka di gigi atau gusi. Luka inilah yang nantinya kerap kali membuat gigi sangat sakit. Agar gigi tidak sakit, usahakan agar menggosok gigi dengan pelan namun pastikan bahwa gigi bersih ya. Pilih juga sikat gigi yang lembut namun bisa membuat gigi selalu bersih dan terjaga.


2. Adanya Infeksi Sinus Yang Parah

Sumber: tergemes.com


Penyebab kedua kenapa gigi bisa sakit adalah adanya infeksi sinus yang parah. Ira Handschuh mengungkapkan bahwa infeksi sinus bisa menyebabkan sakit gigi. Hal ini terjadi karena saluran sinus dan akar gigi tertentu akan bertemu atau berada di titik yang sama.


3. Kebiasaan Mengunyah Saat Tidur

Sumber: Kesehatan Gigi


Pada beberapa kasus, sakit gigi disebabkan karena kebiasaan buruk mengunyah saat tidur. Ya, beberapa orang mungkin punya kebiasaan menggigit atau mengunyah giginya sendiri selama tidur. Gesekan antara satu gigi dengan gigi yang lain karena kebiasaan ini dipercaya bisa membuat gigi mudah retak, rentan patah dan sakit. Tak hanya sakit gigi, kebiasaan ini sering kali juga menyebabkan kram otot rahang dan sakit di leher atau bawah rahang.

4. Malas Sikat Gigi

Selain itu kebiasaan mengkonsumsi makanan manis berlebihan tanpa diimbangi dengan sikat gigi yang teratur juga berbahaya bagi gigi. Lama-kelamaan, sisa-sisa makanan ini akan berubah jadi bakteri yang akan membuat gigi berlubang dan sakit.


Namun selain permen dan coklat, ternyata ada beberapa makanan yang juga memiliki potensi besar untuk merusak gigi. Dan seperti yang dilansir oleh listerine.co.id, berikut ini 6 Makanan Yang Dapat Merusak Gigi!

6 Makanan Yang Dapat Merusak Gigi


1. Permen Keras

Sumber: Blog Tokopedia


Seperti yang anda tahu, beberapa jenis permen seperti lolipop yang memiliki tekstur keras perlu dihisap atau dipecah menjadi beberapa keping dengan menggunakan gigi anda. Ternyata tekstur permen yang keras, mampu merusak enamel gigi dan menyebabkan lekukan yang serius dan membahayakan kesehatan mulut anda. Selain itu, kandungan zat manis yang menempel pun juga akan merusak gigi dan gusi.

Penyebab Sakit Gigi Tidak Selalu Gigi Berlubang
2. Minuman Asam

Sumber: vemale.com


Berbagai minuman asam dan jenis minuman bersoda, merupakan minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk mereka yang ingin menghindari sakit gigi. Dan meskipun asam, nyatanya minuman-minuman ini juga mengandung pemanis buatan yang akan merusak gigi. Jadi solusinya, jika anda ingin mengkonsumsi minuman yang manis, sebaiknya pilih minuman yang mengandung pemanis alami seperti jus buah, atau membuat infused water.


3. Kue

Sumber: kueku99.com


Siapa yang tidak suka makan kue? Rasanya semuanya suka bukan? Namun, faktanya mengkonsumsi makanan seperti kue terlalu berlebihan bukan hanya membuat anda jadi gemuk tapi juga akan merusak gigi anda. Kue dan jenis makanan yang lengket di gigi lainnya akan menempel dan tersangkut di sela-sela gusi. Jika tidak dibersihkan, dalam waktu lama sisa makanan ini akan berubah menjadi plak dan merusak gigi.


4. Pasta

Sumber: foodnetwork.com

Makanan dengan zat tepung seperti pasta, nasi dan bahkan kentang dapat merusak gigi. Hal ini karena saat dicerna makanan ini berubah menjadi zat gula penghasil asam yang akan mengikis enamel gigi.


5. Es

Sumber: Smartfren Store


Sama seperti ketika kita mengkonsumsi permen keras seperti lolipop, kebiasaan memecah es batu di dalam mulut juga akan merusak enamel gigi kita. Untuk itu, hindari kebiasaan buruk tersebut mulai sekarang sebelum gigi anda bermasalah.


6. Kacang Keras

Sumber: Gampong Cot Barong


Selain dapat meretakkan enamel, mengunyah kacang keras juga bisa merusak gigi implan, gigi palsu dan kawat gigi. Jika kacang sangat keras, makanlah kacang yang berukuran lebih kecil alih-alih seluruh kacang, atau makanlah kacang yang digiling di mentega dan selai, misalnya selai.

Mengkonsumsi makanan manis memang menjadi salah satu penyebab sakit gigi, tapi bukan berarti anda sama sekali tidak boleh mengkonsumsi makanan manis lho! Boleh saja kok, tapi tidak boleh berlebihan dan jangan lupa, sikat gigi secara teratur di pagi dan malam hari agar gigi anda selalu bersih dan bebas dari kuman penyebab sakit gigi!
Terima kasih sudah membaca artikel Penyebab Sakit Gigi Tidak Selalu Gigi Berlubang. Semoga bermanfaat!


penyebab gigi sakit tapi tidak berlubang, penyebab sakit pada gigi berlubang, penyebab gigi sakit saat mengunyah, faktor penyebab sakit gigi