Pengertian Jaringan dalam Biologi dan Macam-Macam Jaringan pada Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Untuk mengetahui pengertian jaringan dan macam-macam jaringan dalam biologi, maka coba anda bayangkan sebuah jaring yang dimiliki oleh nelayan. Jaring-jaring yang dimiliki oleh nelayan bisa berupa anyaman benang, serat, atau senar plastik yang dibuat sambung-menyambung menjadi satu. Demikian pula jaringan yang ada pada makhluk hidup. Jaringan pada makhluk hidup merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
Berikut ini adalah pejelasan mengenai macam-macam jaringan pada tumbuhan, hewan, serta manusia.

Jaringan pada tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan terdiri atas jaringan epidermis, jaringan mesofil, jaringan parenkim, jaringan pengikat, jaringan penunjang, jaringan pengangkut, dan jaringan meristem.
  1. Jaringan meristem adalah kumpulan sel-sel pembentuk kulit terluar pada tumbuhan yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam terhadap kerusakan mekanis serta kekeringan.
  2. Jaringan mesofil adalah jaringan yang mengandung kloroplas dan berfungsi membuat makanan dalam proses fotosintesis.
  3. Jaringan parenkim adalah jaringan yang berfungsi mengisi rongga di antara alat tubuh.
  4. Jaringan pengikat terdiri atas sel-sel parenkim, jaringan ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan, tempat melekatnya jaringan lain, dan tempat pertukaran gas.
  5. Jaringan penunjang pada umumnya merupakan kumpulan sel yang mengalami penebalan pada dinding selnya sehingga menjadi lebih kuat. Jaringan penunjang dibedakan menjadi jaringan kolenkim dan sklerenkim. Jaringan kolenkim berfungsi untuk menunjang gerak tumbuhan. Sedangkan jaringan sklerenkim berfungsi untuk penguat tubuh tumbuhan.
  6. Jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri atas xilem dan floem. Jaringan xilem berfungsi mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke daun. Sedangkan jaringan floem berfungsi untuk mengangkut zat makanan hasil fotosintesis untuk dari daun ke seluruh tubuh tanaman.
  7. Jaringan meristem adalah sel-sel kecil berdinding tipis yang selalu membelah yang berfungsi untuk pertumbuhan, misalnya ujung akar, batang, dan kambium.

Jaringan pada hewan dan manusia

Jaringan pada hewan dan manusia terdiri atas jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, jaringan darah, jaringan saraf dan jaringan rangka.
  1. Jaringan epitel terdiri atas selapis sel atau beberapa sel yang saling berhubungan erat satu sama lain sehingga tidak ada ruang antarsel. Jaringan epitel berfungsi untuk melindungi jaringan yang ada di sebelah dalamnya, misalnya jaringan pada dinding alveoli paru-paru dan dinding pembuluh darah.
  2. Jaringan ikat adalah jaringan penunjang atau penopang tubuh yang utama dan menjadi pengikat jaringan satu dengan jaringan lainnya. Jaringan ikat terdapat pada jaringan kornea mata, jantung, ginjal, paru-paru, dan tulang rawan.
  3. Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot yang sambung menyambung membentuk serabut-serabut otot yang dapat berkontraksi dan berelaksasi. Jaringan otot polos dibedakan menjadi 3 macam yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
  4. Jaringan darah berisi plasma darah dengan cairan yang mengandung sel-sel lepas atau bebas. Jaringan darah berfungsi mengedarkan oksigen dan zat makanan.
  5. Jaringan saraf tersusun atas sel-sel yang disebut neuron. Jaringan saraf tersebar di seluruh bagian tubuh. 
  6. Jaringan rangka  disebut juga jaringan tulang. Jaringan ini berfungsi untuk menyokong berdirinya tubuh, melindungi tubuh, dan menjadi alat gerak pasif.

jaringan dalam biologi
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian jaringan dalam biologi dan macam-macam jaringan pada manusia, hewan dan tumbuhan. Semoga bermanfaat. 
author
Author: 
    Sistem Organ pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia
    Sistem Organ pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia
    Sistem organ merupakan kumpulan beberapa organ yang
    Pengertian Sel dalam Biologi dan Sejarah Penemuan Sel
    Pengertian Sel dalam Biologi dan Sejarah Penemuan Sel
    Tubuh manusia terdiri atas bermilyar-milyar sel. Pengertian
    Must read×

    Top