Pengertian Firma, Pendirian Firma serta Kelebihan dan Kekurangan Firma

Pengertian firma

Pengertian firma menurut Sukanto Reksohadiprojo adalah persekutuan untuk menjalankan perusahaan di bawah nama bersama. Definisi firma menurut Mollengraff yaitu suatu kumpulan yang didirikan untuk menjalankan perusahaan di bawah nama bersama di mana anggota-anggotanya tidak terbatas tanggug jawabnya terhadap perikatan perseroan dengan pihak ketiga.
Johanes Ibrahim memberikan kesimpulan mengenai pengertian firma bahwa firma dapat dikatakan sebagai persekutuan perdata, yaitu suatu perjanjian antara dua orang atau lebih untuk mengikatkan diri untuk memasukkan sesuatu ke dalam persekutuan, dengan maksud untuk membagi keuntungan atau kemanfaatan yang diperoleh karenanya sebagaimana diatur dalam Pasal 1618 KUH Perdata.
Berdasarkan definsi firma di atas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa firma :
1. Merupakan suatu kerja sama antara beberapa orang
2. Untuk menjalankan usaha
3. Setiap anggota harus menyerahkan modal
4. Tanggung jawab setap anggota tidak terbatas hingga pada kekayaan pribadinya
5. Mempunyai nama bersama
6. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan
Dalam badan usaha firma, setiap anggota yang menjadi pendiri firma memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas. Jika mendapatkan keuntungan atau kerugian, maka semua anggota akan ikut menikmati hasil atau menanggung rugi tersebut bersama-sama. 
Dalam firma, tanggung jawab setiap anggota sampai pada kekayaan pribadi milik mereka jika terjadi kerugian. Oleh karena itu, maka antara anggota firma harus ada rasa saling percaya yang kuat juga memiliki dana yang sama besarnya yang ditanam dalam firma tersebut.
Dalam firma, tanggung jawab dan hak setiap anggota mereka antara lain sebagai berikut :
  1. Anggota mempunyai hak untuk berhubungan dengan pihak luar atas nama firma.
  2. Apabila ada anggota yang membuat perjanjian dengan pihak lain, maka anggota lain juga terikat dengan perjanjian tersebut.
  3. Semua yang didapat oleh anggota firma akan menjadi kekayaan firma.
  4. Setiap anggota firma secara bersama-sama bertanggung jawab atas hubungan kerja sama firma.

Pengertian Firma, Pendirian Firma serta Kelebihan dan Kekurangan Firma

Pendirian firma

Pendirian firma dapat dilakukan dengan membuat akta pendirian di hadapan notaris yang kemudian didaftarkan ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri di mana firma tersebut berada. Untuk firma akta pendirian tidak perlu didaftarkan pada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta diumumkan dalam berita negara. Oleh karena itu, firma bukanlah sebuah badan hukum.

Kelebihan-kelebihan firma

Kelebihan firma dibandingkan dengan badan usaha swasta lainnya antara lain adalah :
  1. Cara pendirian firma cukup mudah, hanya dengan membuat perjanjian di hadapan notaris tanpa perlu didaftarkan ke departemen hukum dan ham.
  2. Firma memiliki kekuatan keuangan karena terdiri dari beberapa orang pendiri yang menyepakati berapa banyak dana yang mereka keluarkan bersama untuk firma. Firma juga mudah dalam hal memperoleh kredit.
  3. Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh anggota-anggota firma jauh lebih baik karena segala keputusan dilakukan bersama-sama melalui banyak pertimbangan dari anggota-anggota firma.
  4. Pajak yang dikenakan pada firma tidak begitu berat dibandingkan dengan PT, karena pajak yang dikenakan hanya pada keuntungan yang didapatkan badan usaha.
  5. Anggota firma yang terdiri dari beberapa orang memungkinkan terkumpulnya banyak keahlian dalam satu wadah sehingga kemajuan firma tidak bergantung pada keunggulan satu orang saja, melainkan banyak orang.

Kekurangan-kekurangan firma

Kekurangan firma yang perlu kita ketahui antara lain sebagai berikut :
  1. Setiap anggota firma mempunyai tanggung jawab tidak terbatas terhadap hutang perusahaan. Bahkan jika kekayaan fima tidak cukup untuk menutupi hutang, maka harta pribadi anggota juga wajib digunakan untuk menutupi kerugian firma.
  2. Apabila satu anggota firma keluar, maka firma tersebut akan bubar pula karena firma menggunakan nama bersama. Bukan hanya keluar, jika ada salah satu anggota yang meninggal dunia maka firma juga langsung bubar.
  3. Perbuatan sebagian anggota firma menjadi tanggung jawab anggota firma yang lain. Jadi, jika salah satu anggota memiliki banyak hutang mengatasnamakan firma, maka anggota firma yang lain juga bertanggung jawab untuk membayar hutang tersebut.
  4. Jika ada anggota firma yang tidak taat pada perjanjian firma, maka akan menyebabkan masalah dan ketegangan dalam perusahaan sehingga jalanya perusahaan akan terganggu.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian firma, pendirian firma, serta kelebihan dan kekurangan firma. Semoga bermanfaat. 
author
Author: 
    Pengertian Koperasi Sekolah, Tujuan, Ciri serta Usaha Koperasi Sekolah
    Pengertian Koperasi Sekolah, Tujuan, Ciri serta Usaha Koperasi Sekolah
    Pengertian koperasi sekolah Salah satu jenis koperasi
    Pengertian dan Peran Pelaku Ekonomi
    Pengertian dan Peran Pelaku Ekonomi
    Pengertian dan Peran Pelaku Ekonomi. Pengertian Ekonomi,
    Must read×

    Top