Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Cepat Di Terima Oleh Perusahaan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Cepat Di Terima Oleh Perusahaan

Untuk dapat diterima dan bekerja di sebuah perusahaan tentu saja ada beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh para calon karyawan. Salah satu yang diperlukan adalah surat lamaran kerja. Dan tahukah anda, tak sedikit perusahaan yang menilai kepribadian dari pelamar melalui surat lamaran kerja yang diajukan. Maka dari itu, dalam penulisan surat lamaran pekerjaan banyak hal yang harus diperhatikan agar dapat dengan mudah diterima oleh perusahaan.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan beberapa tips atau cara membuat surat lamaran kerja yang cepat diterima oleh perusahaan. Nah berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan saat akan membuat surat lamaran kerja.

1. Gunakan bahasa yang baik dan benar

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah gunakanlah bahasa yang baik dan benar ketika membuat surat lamaran pekerjaan. Karena surat ini merupakan surat yang resmi dan formal, jangan pernah gunakan bahasa gaul atau bahasa santai sehari-hari. Selain itu jangan pula menggunakan singkatan-singkatan dalam surat lamaran kerja anda.

2. Gunakan bahasa dan kalimat yang sopan

Ini juga merupakan hal yang penting. Akan jauh lebih baik jika anda menunjukkan sopan santun yang anda miliki melalui surat lamaran pekerjaan yang anda ajukan. Dan ingat pula jangan anda memperlihatkan kalimat yang menimbulkan kesan sombong pada surat anda. Karena jika anda melakukannya, maka kepribadian anda akan tercermin sifat yang sombong dan angkuh.

3. Lampirkan semua persyaratan yang diajukan oleh perusahaan

Tak hanya menyiapkan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, lengkapi pula semua persyaratan yang diajukan oleh perusahaan tersebut. Misalkan foto copy KTP, Ijazah, Surat Pengalaman Kerja, dan lain sebagainya. Usahakan tidak ada yang terlewatkan.

4. Akan lebih baik jika ditulis secara manual dengan tulisan yang rapi dan bersih

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Cepat Di Terima Oleh Perusahaan

Meski saat ini berada di era modern dan dilengkapi dengan fasilitas komputer, namun hingga kini tidak sedikit perusahaan yang lebih menyukai jika calon karyawan yang melamar menggunakan tulisan tangan dengan ballpoint dalam surat lamaran kerjanya. Kerapihan dan kebersihan anda ketika menulis surat lamaran kerja ini tentu saja akan ada penilaian tersendiri dari perusahaan terkait.

5. Lampirkan sertifikat yang dapat mendukung surat lamaran anda jika ada

Akan lebih baik jika anda menyertakan beberapa sertifikat yang akan mendukung surat lamaran kerja yang akan anda ajukan. Karena jika anda memiliki banyak sertifikat yang mendukung, maka peluang anda untuk diterima akan lebih besar.

Dan dibawah ini kami juga akan menjelaskan beberapa bagian surat yang perlu anda ketahui. Setiap bagian ini hendaknya anda tulis dengan baik dan benar.

Surat Lamaran Kerja terdiri dari 3 bagian :

1. Bagian Pembuka

Bagian yang pertama ini merupakan bagian yang terdiri dari sumber informasi yang didapatkan oleh calon karyawan. Di bagian ini pula sangat tepat jika anda mengutarakan akan memilih bagian apa untuk anda tempati di perusahaan tersebut.

2. Bagian Isi atau Uraian

Bagian Isi atau Uraian ini berisi penjelasan dari pelamar mengenai informasi data diri mulai dari usia, alamat, serta kemampuan yang dimiliki oleh perlamar tersebut. Dan gunakan kalimat yang jelas, lugas, dan tepat saat menggambarkan bagaimana diri anda.

3. Bagian Penutup

Di bagian ini ucapkan harapan anda untuk dapat diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa pula berikan ucapan terima kasih dan rasa hormat anda pada pemimpin perusahaan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menulis surat lamaran pekerjaan agar cepat diterima di perusahaan. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil ya.